Welcome!

This blog is dedicated to my children, siblings , close relatives, close friends and to everyone who appreciate and enjoy the beauty of sharing. All have been tested @ my kitchen , which suits my family taste. Hope it suits yours too and thanks for stopping by.



Hello,

Blog ini dipersembahkan untuk anak2 ku, saudara2 ku , sepupu2, temen2 dekat , semua orang yang menghargai dan menikmati indahnya "Berbagi". Semua resep2 ini telah di coba di dapur saya, cocok dengan selera keluarga saya, harapan besar saya, semoga sesuai juga dengan anda .Terima kasih untuk mampir ke blog saya.










Friday, July 13, 2012

Fondant buatan sendiri

Kelembaban 64%
Fondant siap pakai sangat mudah digunakan dan konsistensinya lebih di andalkan, tetapi jauh lebih murah bila bikin sendiri

Siapkan 300 g marshmallows merk apa saja, potong dalam bentuk ekcil2, bila tidak tersedia mini marshmallows di kota anda.

1 sdt vanilla murni atau rasa yang anda sukai (bisa di abaikan)
1 Sdm air putih (15 ml)
340-400 g gula halus, ayak pada saat ingin digunakan
1-2 smd Crisco, mentega putih

1/4 sdt gumtex

Caranya:
1. Dalam mangkok stainlesssteel, isi marshmallows yang telah di potong dengan air dan Vanilla murni.

2. stim, aduk hingga meleleh, kira-kira 5 menit.
3. Aduk hingga tercampur rata, bentuknya seperti gambar di bawah ini.
4. Angkat, dan diamkan selama 5 menit agar agak dingin.
5. Sementara menantikan marshmallows dingin, ayak minimal 2 kali , campuran gula halus dan gumtex.
6. Oleskan Crisco di atas emja kaca atau plastik yang rata, dan juga kedua tangan, untuk menghindari adonan lengket ke tangan.
7. Tuang gula halus yang telah di ayak di atas alas yang telah di oelsin dengan Crisco, bentuk gunung, lalu lubangin bagian tengah dan tuang lelehan marshmallow ke dalamnya, kemudian ulenin adonan, seprti anda mengulenin adonan roti, hingga adonan menjadi lentur.Lapisin dengan Crisco, sangat tipis  
8. Saat ini anda perlu memastikan kekentalanya. Kalau terlalu lengket ulenin dengan tambahan gula halus.
9. Bungkus Marshmallows fondant denagn 3 lapis platik cling, masukkan ke dalam kantong Ziploc yang ekdap udara , simpan did alam toples kedap udara, biarkan fondant selama semalaman. Jangan kawatir bila Fondant apda saat itu agak lembek, setelah terbentuk biasanya akan lebih mengeras.Ingat jangan simpan di dalam KULKAS!
10. Ulenin lagi saat ingin digunakan, tambahkan gula halus bila dperlukan.

Menghasilkan 600 g of fondant.



beberapa hiasan kueh menggunakan marshmallows fondant










No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...