Welcome!

This blog is dedicated to my children, siblings , close relatives, close friends and to everyone who appreciate and enjoy the beauty of sharing. All have been tested @ my kitchen , which suits my family taste. Hope it suits yours too and thanks for stopping by.



Hello,

Blog ini dipersembahkan untuk anak2 ku, saudara2 ku , sepupu2, temen2 dekat , semua orang yang menghargai dan menikmati indahnya "Berbagi". Semua resep2 ini telah di coba di dapur saya, cocok dengan selera keluarga saya, harapan besar saya, semoga sesuai juga dengan anda .Terima kasih untuk mampir ke blog saya.










Wednesday, December 8, 2010

Green Coconut Rice

Some call it Nasi Uduk, Nasi lemak or Nasi Gemuk.
Aneka nama diberikan kepada jenis nasi ini, Nasi Uduk, Nasi Lemak, bahka Nasi Gemuk.


Serve 4



Porsi 4 orang

you need:
1 1/2 cups uncooked rice, rinsed and drained
1/2 kg shredded coconut,
300 ml water, Please note that you might be add and reduce water, as certain type of rice need different amount of water.
1/2 tsp salt
10 shallots, thinly slice
4 lemongrass, cut into small pieces
4 Indonesia Bay leaf (daun salam) you may substitute with bay leaf if you can't find it.
4 pandan leaves, tied into knot
Blend additional 10 pcs pandan leaves with 2 tbsp water,
1/2 lemon, squeeze the juice just before final steaming.
Bahan2:
1.5 canting beras, cuci bersih, dan tiris.
1/2 kg kelapa parut segar.
300 ml air, perlu di ingat bahwa jenis beras yang berbeda memerlukan jumlah air yang berbeda pula. Pelajari jenis beras yang anda gunakan.
1/2 sdt garam halus
10 siung bawang merah, iris halus
4 batang sere, iris tipis.
4 lembar daun salam, kalau susah mendapatkan daun salam, bisa di gantikan dengan bayleaf.
4 lembar daun pandan, ikat.
Masukkan ke blender "tambahan" 10 lembar daun pandan wangi dengan 2 sdm air, giling halus untuk mendapatkan warna hijau.
1/2 jeruk lemon , untuk digunakan saat menjelang pengukusan nasi uduk.

Method : Caranya:
1. Mix 300 ml water, Blended pandan leaves with shredded coconut, squeeze out the milk. Sieve, pour inside a pan. you will get a green coloured coconut milk.
1. Campurkan 300 ml air, daun pandan yang telah di blender halus dengan kelapa parut segar, peras santannya, saring dan tuang ke dalam panci. hasil santannya akan berwarna hijau.

2. Over Low heat, boil Coconut milk, add in salt, sliced shallots, Sliced lemongrass, Bay leaves and pandan leaves, for about 45 minutes. Set it aside let it cool and sieved. You may also prepare it one day ahead and keep in the fridge to be used later.
2. Dengan menggunakan api kecil, godok campuran santan, garam halus, bawang merah, sere, daun salam dan daun pandan, kira2 selama 45 menit, biarkan dingin dan saring. Boleh juga di siapkan sehari dimuka sanatn ini dan simpan di kulkas untuk digunakan kemudian.

3. Once the coconut milk mixture is cold, add in the rice, n cook over low heat, until all the water absorb by the rice. In this stage you need to judge the type of rice you are using, and decide "should you need to add more water" , set aside and let the half cooked rice cool down .
3. begitu godokan santan dingin dan telah di saring, tambahkan beras, lalu 'aron' dengan api kecil, hingga semua air terserap habis. Nah saat ini perlu ditentukan apakah beras yang digunakan perlu lebih banyak air?? sisihkan dan biarkan dingin.

4. prepare steamer , fill with water , place half cooked rice in the steaming pot ,squeeze in half lemon juice on top of it , cover the steamer and steam the half cooked rice for 15- 20 minutes. Garnish with fried onion, Omelet egg, ikan bilis, sliced cucumber and chilly
4. Siapkan dandang untuk kukus, isi air, masukkan nasi setengah matang di atas kukusan, peras merata dengan air lemon, tutup kukusan, dan kukus semalam 15-20 menit. hias dengan bawang goreng, telur dadar, ikan teri goreng, irisan timun dan cabe.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...